Beberapa Spot Ikonik Kalsel yang Diresmikan Oleh Presiden Soeharto, Dari Riam Kanan Hingga Jembatan Barito | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 27 Desember 2021

Beberapa Spot Ikonik Kalsel yang Diresmikan Oleh Presiden Soeharto, Dari Riam Kanan Hingga Jembatan Barito

 

Sumber foto : travelingyuk.com, Wikipedia, TripAdvisor.co.id


Presiden Soeharto menyisakan banyak kenangan di wilayah selatan Borneo. Diantaranya beliau pernah meresmikan dua tempat penting yang ada di Kalimantan Selatan. Dua tempat itu adalah Jembatan Barito dan Bendungan/PLTA Riam Kanan. Berikut beberapa ulasannya :

1. Bendungan/Waduk dan PLTA Riam

Presiden Soeharto meresmikan Bendungan/Waduk dan PLTA Riam Kanan 30 April tahun 1973. Pada perhelatan peresmian tersebut, Nyonya Tien Soeharto melepaskan bibit-bibit ikan di Bendungan Riam Kanan.

Selesai peresmian, Presiden kemudian memberikan penghargaan kepada karyawan proyek yang mengalami kecelakaan selama bertugas. Kemudian Presiden dan rombongan meninjau Power House PLTA Riam Kanan. Bendungan ini kemudian berubah nama menjadi PLTA Ir. P.M. Noor, pada 19 Januari 1980.

2. Jembatan Barito

Jembatan Barito diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1997. Awalnya DPRD Tingkat I Kalimantan Selatan mengusulkan Jembatan Barito diberi nama “Jembatan Soeharto”. Namun, nama jembatan tersebut ditolak beliau sendiri karena khawatir dapat menimbulkan sikap kultus individu. Karena itu, Presiden Soeharto mengganti nama jembatan tersebut dengan nama “Jembatan Barito”.

Menurut Hasan Zainuddin (Wartawan senior Banua dan LKBN Antara), Presiden Soeharto pada saat itu sempat bertemu dengan Abah Guru Sekumpul, karena Abah Guru Sekumpul saat itu bertindak sebagai pembaca doa. Bahkan, sebelum pulang beliau sempat bersalaman dan berpelukan dengan ulama besar Martapura tersebut.

Sumber :

Koran Merdeka dan Republika edisi 24 April 1997; Hasan Zainuddin dan instagram @sejarah.banjar

Link tulisan asli :

https://www.instagram.com/p/CBLTlppAc9L/

https://www.instagram.com/p/CRq6YE2AOkl/

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner